domainesia

DomaiNesia
Seperti yang dapat kita ketahui perjalanan "Kemerdekaan Indonesia" tidak lah mudah. Tidak banyak negara yang mengakui bahwa Indonesia telah Merdeka. Dunia Internasional tidak percaya akan hal itu, terlebih lagi negara-negara eropa yang pernah menjajah. Banyak nya negara yang mungkin tidak mengakui Kemerdekaan tersebut. Indonesia tidak pernah surut! Selalu bergerak secara pasti!

Inilah beberapa negara yang mengakui adanya Indonesia Merdeka:

1. Mesir.

Mesir adalah negara pertama yang mengakui kedaulatan atas Indonesia. Negara, yang terletak di Afrika Utara, mengakui kedaulatan Indonesia pada 22 Maret 1946. Hubungan baik antara kedua negara telah terjalin sampai sekarang.







2. Suriah.

Negara yang baru saja mengamuk setelah perang saudara digunakan untuk memperjuangkan masalah yang dihadapi oleh Indonesia untuk dibahas di PBB pada tahun 1947. Seperti diketahui, pada periode setelah proklamasi kemerdekaan pada tahun 1945, Indonesia masih diganggu oleh Belanda melalui agresi militernya.




3. Lebanon.

Pengakuan de jure yang diberikan kepada Republik Indonesia terjadi pada 29 Juli 1947. Di sana, hubungan bilateral antara Indonesia dan salah satu negara yang berlokasi di Timur Tengah dimulai. Awalnya, Duta Besar Indonesia untuk Mesir juga terakreditasi dalam mengelola hubungan diplomatik dengan negara Lebanon. Namun, Kedutaan Besar Indonesia di Lebanon akhirnya secara resmi didirikan di Beirut pada tahun 1996.


4. Yaman.

Masih dari Semenanjung Arab, Yaman adalah negara keempat yang mengakui kedaulatan Indonesia. Pengakuan itu diberikan oleh Yaman pada 3 Mei 1948. Hingga saat ini hubungan bilateral kedua negara masih mapan, terutama di bidang politik, ekonomi, dan sosial budaya.



5. Arab Saudi

Hubungan diplomatik antara Arab Saudi dan Indonesia secara resmi dimulai pada 1 Mei 1950. Beberapa hubungan antara kedua negara yang paling jelas adalah peluang kerja bagi pekerja migran di Arab Saudi dan juga kerja sama di bidang haji.

Mengapa mereka pertama kali mengakui hubungan diplomatik, kemudian ada kerjasama dalam hubungan sosial-ekonomi seperti populasi Arab di Indonesia, sebagian besar Muslim akan belajar dalam bahasa Arab dan juga negara Indonesia membantu banyak sumber makanan dan ekonomi ke negara lain seperti India selama krisis beras di Indonesia? membantu India dengan mengirim 500 ton beras ke India dan dari sana India membalas budi kepada Indonesia dengan mengakui kedaulatan Indonesia.

Post a Comment

Previous Post Next Post